YONANDA’S FACT : FAKTA UJIAN NASIONAL (UN) 2014

on

hai, hai barusan vakum karena adanya persiapan ujian nasional 2014 yang ya dibilang acakadut hehehe. okay, disini saya mau bahas tentang fakta yang ada dilapangan waktu saya menjalani “Ujian Nasib” ini…

1. UJIAN NASIONAL DIADAKAN PADA JAM 07.30

Ya iyalah ini adalah hal paling penting dalam ujian. Kemarin saya datangnya selalu kurang dari jam 7 hehe :p

2. UJIAN NASIONAL RASA “TRY-OUT”

Nah, ini yang agak aneh. Sebagian besar teman – teman saya bilang bahwa UN tahun ini mereka kurang greget dalam belajarnya. istilahnya belajar ala kadarnya macam tryout lah. Tapi ada juga sih yang bilang ini “TRY-OUT” cuman dari kemendikbudnya langsung

3. SOAL DISEGEL PLASTIK DAN TERCETAK “DOKUMEN NEGARA – SANGAT RAHASIA”

Kayak ujian nasional biasanya pasti ada gituannya

4. KUALITAS KERTAS YANG BAGUS, LJK MENYATU DENGAN SOAL

Guru saya bilang bahwa kalau mau menyobek harus pakai cutter biar rapi, pengalaman tahun lalu kertasnya tipis bak kertas buram. Cuman tahun ini meningkat kayak kertas ujian pada umumnya

5. PAKET SOAL ADA 20 dan BER-BARCODE

Ya, itu sudah ada sejak tahun 2013. Setiap soal dan ljk sudah mempunyai barcode sendiri. Setiap siswa mempunyai soalnya masing masing. Kata Pak M. Nuh sih biar greget gak ada contek menyontek. Tapi juga tetep aja pak, kebocoran soal masih ada. Bahkan semuanya tertata rapi tanpa sepengetahuan pemerintah.

6. SOAL UJIAN NASIONAL JAUH MELENCENG DARI KISI KISI YANG BEREDAR

Saya juga gak habis pikir soal yang selama ini saya pelajari kagak ada yang keluar itupun yang keluar cuman 2. Dari buku sakti UN siswa kelas 12 atau detik-detik UN yang biasanya soalnya “muncul” di Ujian Nasional ternyata gak ada yang tembus.

7. SOAL UJIAN NASIONAL BERSTANDAR SBMPTN dan INTERNASIONAL

Jauh jauh hari sebelumnya saya juga sudah diperingatkan oleh ibu saya dengan memberikan potongan artikel koran bahwa soal ujian nasional 2014 semakin sulit. Saya pun juga tak ambil pusing toh emang sesulit apaan sih soal UNAS. Palingan juga paling sulit soal try-out. Tapi ternyata itu semua benar adanya. Soal UNAS jauh lebih sulit dari tryout yang saya dapatkan.

8. KELULUSAN UJIAN NASIONAL DIHITUNG DENGAN KOMPOSISI 60% UN + 40% US

Menurut saya ini sebuah ketidak adilan, nilai yang saya dapatkan selama 3 hari jauh lebih diperhitungkan daripada nilai saya selama 3 tahun ? hey, itu tidak adil tapi patrick selalu bilang “hidup memang tidak adil jadi biasakanlah !”

9. SISWA SMA KELAS 12 SEINDONESIA BILANG BAHWA SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2014 SULIT

Banyak yang bilang seperti itu mulai dari teman saya yang OSN Matematika dia menjawab ngawur 5 soal, twitter, facebook, kaskus bahkan yang masih hangat dari SMA Khadijah Nurmillaty yang saya sendiri sangat mengapresiasi tulisan dari teman seangkatan saya itu.

10. HASIL UJIAN NASIONAL DIJADIKAN PERTIMBANGAN DALAM SNMPTN

Secara pribadi saya sangat amat tidak setuju dengan hal ini, setelah UN 2014 yang katanya hanya soal “evaluasi” yang sekarang menjadi “selektif/prediktif dan internasionalitif” akan dijadikan bahan pertimbangan SNMPTN Undangan. mungkin ini yang jadi variabel kenapa soal tahun 2014 sulitnya minta ampun. Yang benar saja, enak banget yang udah beli kunci nilainya kedongkrak. Sedangkan kita yang jujur ? jujur ajur benjut

Nah itu tadi 10 yonanda’s fact tentang ujian nasional, yang pasti kalau awalnya udah baik kedepannya pasti baik. Kalau udah gak jujur kedepannya gimana ? katanya kalau menanam yang baik hasilnya baik, kalau menanam yang tidak jujur hasilnya ? haha ya sudahlah lebih baik usaha sendiri toh Tuhan pasti punya rencana sendiri. Bisa aja kamu kurang sukses di kesempatan ini tapi sukses di kesempatan mendatang😀

One Comment Add yours

  1. Nelamdew says:

    Ceilaaah tingting :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s